Thursday 29 June 2017

Etika dan Keamanan Surat Elktronik

Etika
Etik dalam penulisan surat elektronik sama seperti pada penulisan surat biasa. Terdapat surat elektronik yang isinya bersifat formal dan ada pula yang informal. Terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mengirim surat, yaitu:
·         Hindari mengirimkan surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (> 512 kB). Tidak semua server memiliki akses internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak oleh mail server penerima. Selain itu perhatikan pula bahwa beberapa penyadia surat elektronik juga menerapkan Batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima/dikirim oleh pengguna.
·         Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
·         Selalu isi kolom subject (jangan dibiarkan kosong).
·         Jangan menggunakan uruf capital pada keseluruhan ketikan isi surat dan gunakanlah kata-kata dengan santun, dan baca kembali surat yang telah anda tulis untuk menghindari kekeliruan penggunaan kata.
·         Ada kalanya sesuatu yang anda tulis akan menjadi berbeda maksud ketika dibaca oleh orang lain.
Keamanan 
Keamanan data dari surat elektronik tidaklah terjamin seratus persen, dan selalu ada kemungkinan resiko terbuka untuk umum (dapat dibaca oleh smua orang). Hal ini dikarenakan surat elektronik pada proses pengirimannya akan melawati begitu banyak server sebelum sampai ke penerima. Tidak tertutup kemungkinan ada pihak-pihak tertentu kerennya disebut hacker.
Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan Teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu software enkripsi yang populer saat ini adalah PGP (Pretty Good Privacy).Dengan menggunakan PGP, Maka isi surat akan dienkripsi sehingga hanya penerima yang dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut.
Walau demikian, program ini akan sedikit merepotkan Karena keduua pihak (pengirim dan penerima) keduanya harus memiliki progam tersebut dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan data rahasia dan sangat penting, maka proses yang merepotkan ini juga akan terbayarkan dengan tingkat security data yang diperoleh.


1 comment:

  1. mantap bang , dengan ini lebih kita bisa lebih berhati hati

    ReplyDelete

Apa itu instrumen penelitian ?

Instrumen penelitian adalah alat bantu yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data penelitian atau aspek pengumpulan data yang dila...